Penggunaan Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran

PALEMBANG- Universitas PGRI Palembang, mendapatkan hibah kemenristek/Brin bidang Pengabdian kepada masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS).Kegiatan PKMS ini dilakukan oleh dosen Fakultas MIPA yang diketuai oleh Yunita Panca putri, M.Si (dosen prodi Biologi) dan anggotanya Rahmawati, M.Pd dosen prodi Fisika

Yunita Panca Putri, M.Si. selaku ketua pelaksana yang melakukan kegiatan PKMS mengatakan, hibah PKMS ini merupakan hasil seleksi proposal yang masuk kemenristekBrin seluruh Indonesia dan salah satu yang lulus yang mendapatkan kesempatan baik ini adalah proposal kami dengan tema “Penggunaan Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran”

Dijelaskan, kegiatan ini dilaksanakan di MTs. Nurul Hidayah Gandus Palembang pada 18 Juli 2020 . “Kegiatan PKMS bertema Penggunaan Aplikasi edmodo dalam pembelajaran,”jelasnya.

Kegiatan sendiri, sambungnya, bertujuan memperkenalkan kepada sekolah agar dapat menggunakan Aplikasi edmodo didalam pembelajaran online ditengah kondisi pandemi keadaan covid-19.

“Kondisi sekarang mengharuskan guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam menampilkan pembelajaran kepada peserta didik. Agar pembelajaran tetap bisa dilaksanakan seperti biasa,”jelasnya.

Sambung dia, aplikasi Edmodo ini belum pernah digunakan didalam pembelajaran disekolah MTs.Nurul Hidayah Dalam kegiatan PKMS tersebut Tim PKMS menyajikan cara mendownload dan menggunakan edmodo dalam pembelajaran.

Kepala MTS Nurul Hidayah Palembang, Suarti, S.PdI mengatakan, kegiatan ini guna mengajarkan masyarakat dalam mempraktekkan cara mendownload dan mengoperasikan setiap icon yang ada pada Aplikasi edmodo sehingga anak-anak dapat belajar dengan baik walaupun dalam keadaan pandemi covid 19

Semua peserta begitu antusias dalam mengikuti kegiatan terlihat dari hampir dari sebagian peserta mengajukan pertanyaan dan mereka sangat tertarik dan mereka akan menggunakan aplikasi edmodo dalam pembelajaran sehari-hari.

“Guru bisa menampilkan materi dan kuis pada saat pembelajaran, jadi guru bisa mengajar walaupun berada pada tempat yang berbeda dan juga tidak terpaku pada waktu, semua situasi dan kondisi menjadi fleksibel dalam pembelajaran,”terangnya diakhir kegiatan tim PKMS membuat grup whatshapp guna membantu guru dalam mengatasi masalah yang timbul saat mengaplikasikan Aplikasi edmodo dalam pembelajaran. (ef)