Dosen Prodi Perikanan UPGRIP Sampaikan Bahaya Konsumsi Ikan Berpengawet di MAS Miftahul Ulum OKI

LPPKM UPGRIP,

Tim Dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Miftahul Ulum Sungai Lumpur, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).Kegiatan penyuluhan dan pelatihan penanganan dengan tema “Bahan Baku dan Identifikasi Bahan Berbahaya Pada Produk Hasil Perikanan ini juga diikuti sosialisasi, MoU dan MoA antara UPGRIP dan MAS Miftahul Ulum Sungai Lumpur, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir.Dalam kesempatan itu, pentingnya informasi tentang bahaya mengkonsumsi produk perikanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya harus disosialisasikan kepada masyarakat.

Melalui peran lembaga pendidikan seperti Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah sederajat diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan sosialisasi dengan melibatkan para pemuda-pemudi yang terdidik. Sehingga melalui kegiatan ini peran siswa-siswi dapat menginformasikan kepada keluarga dan masyarakat luas tentang bahaya mengkonsumsi produk perikanan berpengawet dapat menyebar kepada masyarakat luas.

Kalangan pelajar SMA yang ada di sekolah merupakan kelompok khalayak sasaran yang mempunyai potensi yang baik dan rasa keingintahuan yang tinggi terhadap suatu perubahan dan kemajuan zaman untuk mengembangkan potensi diri.Kegiatan PkM ini diketuai oleh Sofian, SPi., M.Si,  beranggotakan Indah Anggraini Yusanti,S.Si., M.Si,  Fitra Mulia Jaya,S.Pi., M.Si,  Dr. Neny Rochyani, MT,  Rih Laksmi Utpalasari, SP., MP,  Dr. Eng. Riya Liuhartana, S.TP., M.Si, serta didampingi oleh 2 mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan dan Kelautan UPGRIP yaitu Rahul dan Andrian Syahputra yang merupakan mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perikanan UPGRIP serta alumni Diki Pradiansyah.

Adapun materi yang disajikan oleh  Indah Anggraini Yusanti, SSi., Msi yaitu Identifikasi Bahan Pewarna Makanan, Sofian, SPi., Msi Manfaat Mengkonsumsi Produk Ikan, Dr. Eng. Riya Liuhartana, S.TP., M.Si yaitu Karakteristik Fisika, Kimia Perikanan, Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si yaitu Identifiksi Formalin Tes Kit, Rih Laksmi Utpalasari,SP.M.Si yaitu Penanganan Produk Hasil Perikanan dan Dr. Neny Rochyani, M.T yaitu Deteksi cepat Produk Berformalin.

Bersamaan dengan kegiatan PkM tersebut, juga dilaksanakan penandatangan  Memorandum Of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si., CIQaR diwakili oleh  Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti,S.Si., M.Si dengan Kepala MAS Abdul Aziz, S.H serta penandatanganan  Memorandum Of Agreement (MoA) antara program studi Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP dengan MAS yang ditandatangani langsung oleh Kaprodi Ilmu Perikanan Universitas PGRI Palembang Sofian, SPi., M.Si dengan Kepala MAS Abdul Aziz, S.H.Menurut Ketua PkM Sofian, SPi., M.Si mengatakan tujuan dari kegiatan PkM ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa-siswi dan guru-guru di MAS Miftahul Ulum Sungai Lumpur tentang penanganan komoditas hasil perikanan yang baik dan benar.Sehingga peserta dapat mengetahui ciri-ciri komoditas perikanan yang mengandung zat pengawet berbahaya seperti formalin sehingga mereka dapat menyebarkan informasi kepada masyarakat dan berharap dengan terjalinnya kerjasama MoA maka diharapkan dapat meningkatkan minat siswa-siswi calon mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang.Acara juga dilanjutkan dengan sosialisasi kepada para siswa  dan dewan guru MAS untuk bisa melanjutkan studinya di Universitas PGRI Palembang, kampus melaju dengan mutu.

Sementara itu Kepala MAS berharap setelah diadakan PkM bagi siswa-siswi dan dewan guru  berharap setelah para siswa-siswi dan para guru di lingkungan MAS Miftahul Ulum Sungai Lumpur dapat memahami, mengetahui dan mempraktekkan pengetahuan yang didapat dan lebih merasakan manfaat keberadaan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *