Metode Saringan Pasir Lambat (SPL) Bagi Masyarakat Desa Air Itam OKI,PKM Dosen Prodi Teknik Sipil UPGRIP

Air Itam, LPPKM UPGRIP

Tim Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas PGRI Palembang memberikan penyuluhan kepada masyarakat di Desa Air Itam, Kecamatan Jejawi, OKI tentang metode SPL. Metode Saringan Pasir Lambat (SPL) sebuah metode yang sangat penting diketahui masyarakat dalam rangka penjernihan air. Kegiatan ini sekaligus menjadi program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi Dosen Teknik Sipil UPGRIP.Dipimpin oleh Ketua Tim PkM Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM dengan anggota Amiwarti, S.T., M.T., Dr. M. Firdaus, S.T., M.T., Adiguna, S.T., M.Si., Syahril Alzahri, S.T., M.T., Agus Setiobudi, S.T., M.Si., Reffanda Kurniawan, S.T., M.M., dibantu oleh 3 orang mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Wiran Sahadi, Annisa Rahmadhani, dan Herta Andera dengan mengusung tema “Sosialisasi Pemanfaatan Metode SPL (Saringan Pasir Lambat) Sistem Down Flow Dalam Penjernihan Air Sungai”, meningkat kebutuhan air bersih semakin banyak. Sampai saat ini penyediaan air bersih yang layak untuk digunakan sehari-hari memiliki tantangan yang semakin besar karena semakin kompleks dan beragamnya masalah air, baik yang bersifat kuantitas maupun kualitas.

Tantangan lainnya adalah terjadi perubahan kebutuhan air baik dari sisi kualitas untuk kesehatan maupun dari sisi persyaratan kelayakan penggunaannya. Dengan semakin berkembangnya teknologi, metoda dan teknik pengolahan air bermacam-macam jenisnya. Penyediaan air bersih dapat diterapkan dengan teknologi berskala besar maupun teknologi sederhana yang bersifat individual treatment, yang secara teknis tidak membutuhkan biaya tinggi, bahan-bahan bakunya mudah diperoleh dan setiap orang bisa mengaplikasikannya. Ketua Tim PkM Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM mengatakan Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil telah melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat (PkM) dalam bentuk memberikan pemaparan dan pengenalan alat pengolahan air dengan sistem penyaringan secara sederhana dan mudah dengan menggunakan alat yang dirancang sendiri oleh dosen Program Studi Teknik Sipil.

“Alat ini dapat memproses kekeruhan air sungai menjadi air jernih dan bersih yang dapat dipergunakan masyarakat. Dimana alat ini dibuat secara sederhana dengan biaya yang ekonomis (terjangkau), mudah pembuatannya dan mudah dalam penggunaannya,” ujarnya. November 2022. Kegiatan yang dilakukan yaitu dengan melakukan pemaparan dan pengenalan alat. Selanjutnya pada kesempatan ini pula dosen Prodi Teknik Sipil melakukan pendemonstrasian tata cara penggunaan alat penyaring air bersih dengan sistem saringan pasir lambat (metode Down Flow) tersebut.
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan solusi dan membantu masyarakat dalam menangani permasalahan akan kebutuhan air bersih dan sehat yang memenuhi standar mutu.

Selain diisi dengan kegiatan PkM, dalam kegiatan ini telah terjalin kesepakatan dan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara pihak Program Studi Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang dan Kepala Desa Air Itam Kecamatan Jejawi OKI. Berkas Nota kesepakatan ini di tandatangani oleh Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM selaku Plt. Ketua Program Teknik Sipil dan Wasiatullah selaku Kepala Desa Air Itam Kecamatan Jejawi OKI.

“Dengan adanya kerjasama ini diharapkan kedepannya kedua belah pihak dapat meningkatkan kerjasama dalam pelaksanaan penyelengaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia baik itu untuk masyarakat ataupun lembaga Universitas PGRI Palembang,” harapnya. Hal senada diungkapkan oleh Kepala Desa Air Itam Kecamatan Jejawi OKI Wasiatullah mengucapkan terimaksih tak terhingga atas tim dosen yang PkM di desanya.

“Semoga warga Desa Air Itam mengetahui bagaimana memanfaatkan air sungai sebaik mungkin dengan mengunakan metode SPL (Saringan Pasir Lambat), sehingga air yang digunakan warga desa bisa layak untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *