Pelaksanaan monitoring dan evaluasi (MONEV) Internal PkM hibah Kemdikbudristek di Universitas Muhammdyah Palembang

PKM Hibah kemdikbudristek dengan topik “Pelatihan Pembuatan Modul Digital Pada Kurikulum Merdekadi” dilaksanakan di SDN 22 Talang Kelapa, oleh Dosen Prodi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang

Program Studi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli-29 Agustus 2023 dengan tema PkM Bagi Guru SDN 22 Talang Kelapa Pelatihan Pembuatan Modul Digital Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk luaran yang harus dilakukan oleh Dosen Penerima Hibah Pengabdian kepada Masyarakan yang didanai oleh Kemendikbud ristek melalui Hibah pengabdian tahun 2023. Dalam hal ini Universitas PGRI Palembang mendapatkan hibah pengabdian dari Kemendikbud Ristek melalui kompetisi nasional yang diadakan Kemendikbud ristek 2023. Melalui Tim dari Dosen PGSD Universitas PGRI Palembang mendapatkan pendanaan untuk Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2023. Pelaksanaan pemonev dilakukan oleh Dr. Ir. Eka Sri Yusmartini, M.T

Kegiatan ini melibatkan Dosen PGSD FKIP UPGRIP diantaranya Putri Dewi Nurhasana, M.Pd., Murjainah, M.Pd., Susanti Faipri Selegi, M.Pd., Dr. Ema Agustina, M.Pd. dan juga langsung dihadiri oleh kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR.

Melalui PkM ini Guru Sekolah Dasar khususnya guru SDN 22 Talang Kelapa  dalam pembelajaran dapat membuat dan mengembangkan modul pembelajaran digital dengan menggunakan aplikasi canva serta mengimplementasinya dalam kurikulum merdeka. Modul digital yang digunakan Guru haruslah relevan dengan kebutuhan peserta didik dalam belajar. Jika guru menggunakan modul yang belum tepat maka pembelajaran tidak dapat mencapai hasil yang maksimal. Dengan demikian diperlukannya modul pembelajaran yang menarik dan mencapai tujuan pembelajaran dengan harapan mampu mendukung pencapaian hasil belajar peseta didik yang maksimal.

Dalam kegiatan pelatihan ini Dosen memberikan materi mengenai kurikulum merdeka, komponen-komponen modul digital dan pengenalan aplikasi pembuatan modul digital. Setelah pendalam materi yang diberikan Dosen juga memberikan pendampingan secara langsung kepada guru dalam membuat modul digital.

Hasil pelaksanan monev diharapkan para Guru Sekolah Dasar khususnya guru SDN 22 Talang Kelapa untuk meningkatkan terampil dalam membuat dan mengembangkan modul digital sesuai dengan karakteristik peserta didik dan guru  dapat mengimplementasikan  modul digital dalam pembelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *