Ajak Guru SDN 111 Palembang Kuasai Bahan Ajar Digital Dosen PGSD UPGRIP

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah konsep yang menggambarkan tiga fungsi utama atau tanggung jawab inti dari lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Tri Dharma Perguruan Tinggi ini terdiri dari:

Konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi mencerminkan upaya untuk menciptakan lembaga pendidikan yang holistik, tidak hanya fokus pada penyelenggaraan pendidikan formal, tetapi juga aktif dalam menghasilkan penelitian yang bermanfaat dan memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat. Tri Dharma Perguruan Tinggi juga menjadi dasar bagi penilaian kinerja perguruan tinggi di Indonesia.

Pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), membuat semua harus berkembang cepat dan mudah, termasuk dunia pendidikan. Bahkan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), guru dituntut untuk mampu mengimbangi perkembangan zaman dengan menguasai teknologi.

Berangkat dari hal tersebut, Tim Dosen PGSD Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) yang diketuai Susanti Faipri Selegi, M.Pd melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Laboratorium Multimedia SDN 111 Palembang.

PkM dengan tema Pembuatan Bahan Ajar Digital bagi guru tersebut disambut hangat oleh Wakil Kepala SDN 111 Palembang Alfiansyah, S.Pd beserta guru-guru.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan Dosen PGSD dengan tujuan sebagai aksi nyata dalam menjalin kemitraan dan meningkatkan kolaborasi Dosen dan guru-guru di Satuan Pendidikan,” ujar Susanti Faipri Selegi, M.Pd.

Lanjutnya, Pelatihan ini juga dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan guru sekolah dasar di era digital yang dituntut harus menguasai keterampilan digitalisasi agar dapat mengembangkan keterampilan merancang bahan ajar yang efektif melalui aplikasi canva yang dapat diakses dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *