Tim PkM Dosen Pendidikan Sejarah FKIP UPGRIP Lakukan Sosialisasi di SMA Negeri 4 Kayuagung Kabupaten OKI

Masyarakat (PkM) dan menambah pengetahuan bagi siswa-siswi dan para guru SMA Negeri 4 Kayuagung tentang materi sejarah kelokalan agar materi tambahan pada mata pelajaran sejarah sehingga semakin kaya materi yang diajarkan ke siswa semakin baik maka tim PkM dosen yang di ketuai oleh Dr. Nur Syafarudin, M.Pd yang beranggotakan 5 orang dosen yakni Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Ahmad Zamhari, S.Pd., M.M., Aan Suriadi, S.Pd.,M.Pd., dan Wandiyo, S.IP.,M.Pd., dan di bantu dengan 2 mahassiwa Dwi Mutea Restuningsiah dan Gita Klara serta perwakilan dari LPPKM Imelda Ratih Ayu, M.Pd. Lakukan PkM dan sosialisasi di SMA Negeri 4 Kayuagung.

Menurut Ketua PkM Dr. Nur Syafarudin, M.Pd kegiatan PkM ini mempunyai tujuan melakukan sosialisasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi pendidikan sejarah Universitas PGRI Palembang kepada para guru dan siswa-siswi SMA Negeri 4 Kayuagung, menerapkan bagaimana hasil penelitian yang disosialisasikan ini dapat dijadikan sebagi materi pengayaan mata pelajaran sejarah yang dapat diterapkan di SMA Negeri 4 Kayuagung oleh para guru mata pelajaran sejarah dan melaksanakan kegiatan promosi program studi pendidikan sejarah Univ. PGRI Palembang di SMA Negeri 4 Kayuagung.

“Kegiatan PKM ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua nya karena hasil penelitian yang akan disosialisasikan adalah bukan satu bidang saja tetapi lebih dari satu seperti ada bidang sejarah dan kebudayaan, pendidikan sejarah, Media pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan bidang pendidikan lainnya semoga dapat memberikan manfaat lebih besar,” ujarnya.

Selain itu, dihadapan para peserta yakni guru dan siswa tim PkM memaparkan materi hasil penelitian masing-masing yakni Relief Candi Bumi Ayu sebagai Media Pembelajaran Sejarah dipaparkan oleh Aan Suriadi, S.Pd.,M.Pd. dan Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Sejarah dan Budaya Palembang Barat sebagai Sumber buku saku sejarah dipaparkan oleh Dr. Muhamad Idris, M.Pd. dan Dr. Nur Syafarudin, M.Pd sedangkan Wandiyo, S.Ip.,M.Pd. Dealektika Hubungan Kerajaan Sriwijaya Dengan Dinasti Umayah terhadap Masuknya Agama Islam di Palembang pada Abad VIIIMasehi.

Kegiatan PkM di barengi dengan kegiatan Implementation of Agreement (IA) antara Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UPGRIP dengan SMA Negeri 4 Kayuagung. Naskah IA di tandatangani oleh Ketua Program Studi Khabib Soleh, M.Hum di wakili oleh Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd. dengan Kepala sekolah SMA Negeri 4 Kayuagung Sutami Hamdani, M.Pd.

Selain itu juga dihadapan para peserta tim PkM menyampaikan sosialisasi PMB mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan terutama di program studi pendidikan Sejarah dan Keunggulan lainnya.
Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.
Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.
Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran dan matrikulasi.
Kepala SMA Negeri 4 Kayuagung Sutami Hamdani, M.Pd. menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim PKM UPGRIP yang telah berbagai ilmu dan wawasannya kepada siswa dan guru di sekolah.
“Semoga apa yang telah disampaikan terutama tentang sejarah kelokalan dan dapat memberikan kontribusi pengetahuan tentang materi sejarah kelokalan dan juga materi sejarah lainnya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *