PkM Dosen FKIP di SMA Negeri 1 Sungailiat

PkM Dosen FKIP di SMA Negeri 1 Sungailiat

Seiring dengan maraknya penggunaan internet dikalangan remaja dan pelajar, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melalui penyuluhan dengan tema “Praktik dan Perlindungan Penggunaan Internet bagi Generasi Milineal di SMA Negeri 1 Sungailiat”. Kegiatan ini dilakukan Senin lalu (15/02/19) oleh tim dosen FKIP dari berbagai program studi dan didampingi staf dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Palembang.

Kegiatan ini diikuti antusias oleh 80 orang siswa-siswi kelas XII IPA dan IPS SMA Negeri 1 Sungailiat Bangka. Kepala SMA Negeri 1 Sungailiat, Drs. Efri Ramtos menyambut baik kegiatan PkM ini, “Para siswa memang harus diberikan edukasi terkait penggunaan internet sekarang ini, karena jika salah menggunakannya dapat berakibat buruk bagi siswa-siswi,” ujarnya dalam pembukaan kegiatan PkM. Selain itu, Efri juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat berlanjut dalam bentuk kerjasama lainnya dengan Universitas PGRI Palembang.

Salah satu tim dosen PkM, Suryati, S.H., M.H., menyampaikan kepada siswa-siswi dalam materinya tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik untuk berhati-hati dalam ber-sosial media agar tidak berkomentar yang hoaks, mengandung unsur body shaming, ujaran kebencian, dan SARA. Dalam kesempatan penyampaian materi selanjutnya, Sri Husnulwati S.H., M.H. menjelaskan tentang keuntungan dan kerugian melakukan jual-beli secara online. Dalam kesempatan yang sama, tim dosen PkM juga melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru kepada siswa-siswi SMA. Ermini SH MM menyampaikan bahwa pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, Universitas PGRI Palembang membuka kelas kuliah gratis di program studi Fisika MIPA, Pendidikan Fisika FKIP dan D3 Budidaya Perikanan. Universitas PGRI Palembang juga menyediakan potongan uang kuliah 50% bagi anak guru.

Selain melaksanakan PkM di SMA Negeri 1 Sungailiat, tim dosen FKIP juga melakukan sosialisasi dan promosi di berbagai SMA dan SMK di Sungailiat antara lain SMK N 1 Sungailiat, SMA Bakti, SMA Harapan dan SMK Muhamadiyah Sungailiat.