Pendampingan dan Seleksi Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa Tahun 2021 di Lingkungan Un

LPPKM, Universitas PGRI Palembang

Bertempat di Aula Drs. H. Aidil Fitri Syah, M.M. Gedung Business and Science Center Lantai V Universitas PGRI Palembang dimana kegiatan Pendampingan dan Seleksi Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa Tahun 2021 ini dilaksanakan. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR didampingi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Drs. Sukardi, M.Pd. dan Kepala LPPKM Dr. Rohana, M.Pd. acara ini juga di hadiri oleh reviewer  internal Universitas PGRI Palembang diantaranya: Linda Lia, M.Pd., Aan Sefentry, M.T, Emma Lilianti, S.E., M.Si., Neta Dian Lestari, M.M., Heri Setianto, M.Sc., Hetilaniar, M.Pd. Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, dan Dian Mutiara, M.Si. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk untuk memotivasi mahasiswa dalam kegiatan hibah penelitian. Dimana diharapkan nantinya Proposal yang akan diikutsertakan dalam Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2021 ini akan mendapatkan hasil yang membanggakan biso lolos di PIMNAS 2021.

Kemdikbud melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan kreativitasnya yang didanai melalui hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).  Secara umum terdapat 3 jenis PKM yang didanai oleh Dirjen Dikti Kemdikbud melalui laman https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/. Pertama, PKM 5 bidang yang terdiri dari PKM-Riset (PKM-R), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM-Penerapan Iptek (PKM-PI), dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Kedua, PKM-Karya Tulis (PKM-KT) yang terdiri dari PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI).  Ketiga, PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Universitas PGRI Palembang yang sebelumnya berada pada klaster ke empat naik ke klaster ke tiga artinya jumlah proposal PKM maksimal yang boleh diusulkan sebanyak 210 proposal untuk PKM 5 bidang, 30 proposal untuk PKM-AI, 30 proposal untuk PKM-GT, dan 30 proposal untuk PKM-GFK.

Semoga dengan adanya kegiatan penerimaan proposal PKM di lingkungan Universitas PGRI Palembang (penyamaan persepsi tim penilai internal, pendampingan dan seleksi proposal PKM tahun 2021) dapat diperoleh proposal yang bermutu untuk diajukan ke laman simbelmawa. Harapannya, mudah-mudahan mahasiswa Universitas PGRI Palembang berhasil memperoleh dana hibah dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kemdikbud dan bisa mengikuti kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) pada tahun 2021.