Motivasi Guru dan Siswa di SMAN 3 Banyuasin 1 hadapi Era Society 5.0

Banyuasin, LPPKM UPGRIP

Derasnya era globalisasi menuju era society harus diimbangi dengan Kompetensi dan Sumber Daya Manusia yang harus selalu peka dengan literasi. Siswa jenjang SMA sebagai generasi muda dan guru sebagai pendidikan memiliki peran sentral dalam membangun peradaban di era percepatan teknologi tersebut. Berangkat dari hal tersebut, Tim Dosen Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) memberikan motivasi bagi siswa dan guru di SMAN 3 Banyuasin 1 dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

PkM tersebut diketuai oleh Nina Damayati, S.Pd., M.Sc dengan anggotanya Mirna Taufik, S.Pd.,M.Sc, Dr. Sukmaniar, S.Pd., M.Si , Siti Asiyah, M.Pd., Maharani Oktavia, M.Sc., dan Deni Puji Hartono, M.Pd serta dibantu oleh 2 mahasiswa yakni Dewi Marifatula Aini dan Suliwa. Sebelum pelaksanaan PkM didahului dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaRi diwakili oleh Dosen Pendidikan Geografi Deni Puji Hartono, M.Pd dengan Kepala SMA Negeri 3 Banyuasin I Yusriati, S.Pd., M.Pd.

Ketua PkM Nina Damayati, S.Pd., M.Sc mengatakan Tim PkM yang terdiri dari Dosen Pendidikan Geografi FKIP UPGRIP dengan sasaran kegiatan ditujukan kepada siswa SMA N 3 Banyuasin 1 yang berjumlah 40 orang dengan tujuan PkM ini agar siswa mampu memahami tips dan trik pelajar Pancasila pada Merdeka Belajar dalam menyongsong era society 5.0. “Selain itu kami berharap setelah selesai kegiatan PkM siswa mempunyai semangat belajar sebagai Pelajar Pancasila. Kemudian siswa mempunyai nilai profil pelajar Pancasila yang Merdeka Belajar agar mampuh bersaing di era society 5.0. Pada kesempatan ini juga kami ucapkan terima kasih kepada Rektor UPGRIP yang mendukung terlaksananya kegiatan PkM ini,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut Deni Puji Hartono,.M.Pd mengatakan penandatanganan MoU dan MoA ini bertujuan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di samping itu juga dalam rangka merealisasikan program kerja pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang, mempromosikan Program Studi Pendidikan Geografi pada khususnya, dan Universitas PGRI Palembang pada umumnya.

Ditempat yang sama juga dilakukan kegiatan Sosialisasi PMB oleh para dosen yang terlibat dalam PkM. Semua dosen secara bersamaan masuk ke kelas XII dan menyampaikan informasi bahwa di tahun ini Universitas PGRI Palembang telah membuka 3 Program Studi S1 baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (S1). Dan yang terbaru adalah telah dibukanya Magister Pendidikan Jasmani (S2).

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Banyuasin I Yusriati, S.Pd., M.Pd. mengapresiasi kegiatan MoU, dan PkM Tim dosen Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang.

“Terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang sudah memilih SMA Negeri 3 Banyuasin I sebagai tempat PkM. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat bagi guru, pengelola, dan khususnya bagi siswa-siswi kami diharapkan siswa mempunyai semangat belajar sebagai pelajar Pancasila dan siswa mempunyai nilai profil pelajar Pancasila yang Merdeka Belajar agar mampu bersing di era society 5.0,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *