Ajarkan Masyarakat Simpang Penimur Prabumulih Ciptakan Alat Penjernih Air oleh Dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang

Tri darma perguruan dilakukan oleh dosen program studi Teknik sipil fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang. Dengan topik” Ciptakan Alat Penjernih Air “

Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi semua makhluk hidup. Karena tidak akan ada kehidupan bila tidak ada air, di mana seiring dengan bertambahnya populasi manusia kebutuhan air akan semakin banyak.

Banyak daerah-daerah yang saat ini tidak terjangkau air bersih dari PDAM, sehingga dalam pemenuhan air bersih masyarakat daerah-daerah tersebut melakukan individual treatment.Salah satunya yaitu dengan menggunakan teknologi sederhana, yang secara teknis tidak membutuhkan biaya tinggi, bahan-bahan bakunya mudah diperoleh dan setiap orang bisa mengaplikasikannya.

Menindaklanjuti kurangnya penyediaan air bersih di wilayah RW 05 Simpang Penimur Kelurahan Tebing Tanah Putih Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mencoba untuk meminimalisir keadaan tersebut dengan membuat alat penjernih air dengan menggunakan teknologi sederhana agar bisa memaksimalkan pasokan air bersih yang ada di daerah tersebut melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

“Pada prinsipnya metode sistem penyaringan secara sederhana ini mempunyai kesamaan dengan penyaringan air tradisonal yang dibuat warga. Tetapi dengan menggunakan penyaringan air dengan media pipa PVC dengan sistem backwash, warga tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dalam proses membersihkan alat tersebut, Diharapkan melalui penyuluhan ini warga RW 05 Simpang Penimur Kelurahan Tebing Tanah Putih Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih dapat lebih mudah dalam menjernihkan air sumur yang mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dengan efektif dan efisien. pengetahuan tersebut dapat diterapkan di masyarakat untuk mendapatkan air bersih yang aman dan sehat serta berdampak nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T. menyampaikan beberapa keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran dan pembangunan

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

“Dan Kegiatan PkM ini di tutup dengan penyerahan cindera mata berupa alat penyaring air dan pompa air,”Ujarnya. Bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang maka akan mendapatkan diskon SPP sampai dengan 25% serta bebas uang pendaftaran dan bebas uang martikulasi,”Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *