Dosen UPGRI Palembang turut Meningkatkan mutu guru di masa pandemi sesuai protokol kesehatan

PKM Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang di SMK PGRI 1 Palembang

Palembang,LPPKM,

Rasanya tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa dampak dari Virus Corona (Covid-19) telah melanda hampir seluruh dunia serta berdampak ke seluruh aspek kehidupan manusia tidak terkecuali bidang pendidikan. Proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan hanya dengan tatap muka diruang kelas, kini harus mulai “dipaksa” dilakukan melalui metode pembelajaran secara online (daring). Hal ini tentu dilakukan dalam rangka mendukung pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus corona serta mendukung arahan Presiden Joko Widodo terkait belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah dari rumah. Perubahan kebiasan dan metode pembelajaran tentu harus juga diikuti dengan perubahan paradigma dan kemampuan pelaku pendidikan khususnya guru, sehingga proses belajar mengajar tetap dapat berjalan dengan baik tanpa mengurangi mutu pendidikan yang diharapkan. Guru harus dapat memanfaatkan teknologi informasi yang ada dalam rangka mendukung kegiatan belajar mengajar dari rumah. Hal inilah yang menjadi salah satu latar belakang kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh kelompok dosen FKIP  Universitas PGRI Palembang.

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Pemanfaatan Aplikasi Zoho Form, Google Form dan Google Classroom untuk Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”, dilaksanakan di SMK PGRI 1 Palembang pada tanggal 8 Juli 2020 Pukul 08.00-12.30 WIB bertempat di Aula SMK PGRI 1 Palembang.  Kegiatan PkM ini dilaksanakan oleh kelompok dosen dari berbagai latar belakang keilmuan yang berjumlah 10 (sepuluh) orang sebagai pemateri, diantaranya, Drs. Sukardi, M.Pd, Ermini, S.H., M.M, Ramanata Disurya, M.H, Suryati, M.H, Layang Sardana, M.H, Sri Husnulwati, M.H, Dra. Jumroh, M.Pd, Sri wahyuningsih, M.H, M. Najib, S.Kom., M.M, Dr. Yenny Puspita, M.Pd. dan Imelda Ratih Ayu, M.Pd. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini secara umum berbasis pelatihan kepada sekitar 36 orang guru dari berbagai mata pelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta kemampuan guru terkait penggunaan aplikasi Zoho Form, Google Form dan Google Classroom sehingga proses belajar mengajar tetap dapat berjalan seperti biasanya walaupun dilaksanakan dari rumah seperti yang dikutip dari pernyataan Drs. Sukardi, M.Pd ketika memberikan sambutan mewakili kelompok PkM Universitas PGRI Palembang. Beliau yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor III, juga menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Universitas PGRI Palembang untuk dapat berbagi pengetahuan kepada para guru di SMK PGRI 1 Palembang.

 Penambahan Waktu

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ferizal , S.E., M.M yang memberikan sambutan mewakili kepala sekolah mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kedatangan dan kesediaan dari para dosen dari Universitas PGRI Palembang memberikan pelatihan kepada para guru di SMK PGRI 1 Palembang. Ferizal juga menyampaikan agar sekiranya waktu pelatihan dapat ditambah agar semua guru dapat mengikuti secara penuh. Setali tiga uang, para guru yang mengikuti pelatihan mengungkapkan hal yang sama. Mereka secara umum merasa terbantu dengan pelatihan yang dilakukan oleh kelompok PkM dari Universitas PGRI Palembang. Mereka tidak merasa kesulitan lagi ketika harus melakukan pembelajaran dari rumah, khususnya ketika harus melakukan evaluasi berupa tes kepada siswa. Penggunaan Zoho Form, Google Form dan Google Classroom sangat membantu hal tersebut.(by.syt)