PKM Dosen Pendidikan Akuntansi FKIP Univeritas PGRI Palembang

PkM Dosen FKIP Akuntansi UPGRI ke SMAN 1 Indralaya Utara

            Dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang melakukan salah satu tri darma perguruan tinggi, yaitu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada Senin lalu (26/10) bertempat di SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara. Selian melakukan PkM, juga diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi MPd  dengan SMA Negeri 1 Indralaya Utara yang dihadiri langsung kepala sekolahnya Drs Thohir Hamidi M.Si. Pada kesempatan yang sama diadakan juga sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), yang disampaikan langsung oleh Kepala Humas UPGRI Palembang Dr. Mulyadi, MA.

Koordinator PkM Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM menyampaikan bahwa pengabdian yang mengusung tema “Pelatihan Ekonomi dan Manajemen Keuangan pada Perusahaan Jasa” ini menghadirkan 6 nara sumber dosen yaitu Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM, M. Toyib, M.Pd, Riswan Aradea, SP, MM, Erma Yulaini, S.Pd, M.Si, Nuryanti Permatasari, SE, MM dan Depi Pramika, S.Pd, M.Si. Hadir juga 4 mahasiswa sebagai tim pendukung yaitu Dandi Pakpahan, Abdul Latif Yuspandi P, Jelika Prastika dan Rani Tiara. “Walau masih dalam suasana covid-19, peserta yang terdiri dari 30 siswa dan 10 guru sangat antusias mengikuti paparan dan diskusi hingga acara berakhir. Apalagi disediakan give away bagi para peserta yang mengajukan pertanyaan dan jawaban terbaik” jelas pak Hodsay.

Zahruddin Hodsay menambahkan bahwa materi-materi yang disampaikan para dosen antara lain transaksi ekonomi dan pencatatannya pada perusahaan jasa, ayat jurnal penyesuaian atas transaksi perusahaan jasa, pengembangan produk kopi lokal sebagai salah satu usaha bisnis prosfektik dan inovatif, manajemen reward kepada siswa dalam pembelajaran ekonomi, pembuatan laporan keuangan pada kegiatan kewirausahaan siswa dan analisis ratio laporan keuangan pada perusahaan jasa.

Menanggapi pertanyaan siswa kelas XII tentang apa keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan, Warek III Sukardi menjelaskan bahwa UPGRI terakreditasi B yang dilengkapi fasilitas laboratorium 5 lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel. “Bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan UPGRI, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah PNS dan anggota PGRI, makan akan mendapatkan diskon SPP sampai 50 persen” jelas Sukardi.

Kepala Humas UPGRI Palembang Mulyadi menambahkan bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan s2 yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan UPGRI, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen. “Kita mempunyai 3 program studi di pascasarjana, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan manajemen pendidikan” ujar Mulyadi. berita terkait di link ( https://sumeks.co/pkm-bahas-pembuatan-laporan-keuangan/ )