Pelatihan Model Pembelajaran Daring di SMAN 2 Muara Dua bersama Dosen Universitas PGRI Palembang

LPPKM UPGRIP

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 2 Muara Dua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) pada Kamis (15/7/2021). Bentuk pelaksanaan PkM berupa pelatihan yang mengambil tema ‘Edukasi Model Pembelajaran Daring di SMA Negeri 2 Muara Dua’. Tim PkM ini terdiri dari enam  dosen Prodi Pendidikan Akuntasi dan Pendidikan Bahasa Indonesia dan dibantu oleh empat mahasiswa yang diketuai oleh Nova Pratiwi, MPd beranggotakan Neta Dian Lestari, SPd, MM, Januardi, SPd, MSi, Diana Widhi Rachmawati, Sip, MM, Hj Masnunah, MPd. Kemudian, Riswan Aradea, SP, MM, dan serta dibantu oleh empat mahasiswa Abdul Latif Yuspandi P, Lilis, Dea Husnul Khotimah, dan Putri Purnama.

Sebelum pelaksanaan PkM didahului dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) sebagai kelanjutan dari Memorrandum of Understanding (MoU) yang telah dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang dengan SMA Negeri 2 Muara Dua. Berkas MoA ini ditandatangani oleh Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Dr Dessy Wardiah, MPd, CIQaR yang diwakili oleh Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Akuntansi Neta Dian Lestari, SPd, MM dengan Kepala SMA Negeri 2 Muara Dua Muhammad Nasir, SPd, MM. Ketua Pelaksana Kegiatan, Nova Pratiwi, MPd menjelaskan kegiatan PkM ini merupakan Pedoman Akademik FKIP Universitas PGRI  Palembang dan merupakan program kerja Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Tujuannya menurut Nova Pratiwi, untuk membantu guru dalam pembaharuan atau inovasi media pembelajaran kewirausahaan pada SMA/SMK di Kota Palembang yang bertujuan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Di samping itu tujuan lain merealisasikan program kerja Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang, melaksanakan kepedulian civitas akademika Universitas PGRI Palembang terhadap masyarakat Palembang, dan sebagai edukasi bagi guru dan siswa yang inovatif.

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 2 Muara Dua Muhammad Nasir, SPd, MM menyambut baik kerjasama ini dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) khususnya siswa yang ingin meningkatkan pengetahuannya pada jenjang D3 atau S1 dan guru  yang ingin melanjutkan perkuliahan dan guru yang ingin meningkatkan kompetensi pendidikan yang lebih tinggi di Universitas PGRI Palembang. Muhammad Nasir mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih SMA Negeri 2 Muara Dua sebagai tempat pelaksanaan PkM. Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Hal ini semoga dapat membantu seluruh guru mata pelajaran, serta siswa siswi  di SMA Negeri 2 Muara Dua agar dapat memahami dan mereaslisasikan/mengimplementasi ilmu yang mereka dapat,” harapnya. Harapan lain ditambahkannya, melalui PkM ini dapat menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa-siswi, bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami pembelajar, serta memungkinkan pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik. “Melalui pelatihan ini metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga,” kata Muhammad Nasir. (media sriwijaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *