Pelatihan PTK di SMAN 1 Pemulutan Barat Pengabdian Dosen Bahasa Inggris Pascasarjana UPGRIP

LPPKM UPGRIP.

Guna meningkatkan kualitas dan keterampilan guru dalam membuat karya ilmiah, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Universitas PGRI Palembang menggelar pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMA Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, Senin (23/8/2021). Tim PkM dari Manajemen Pendidikan, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Inggris Program  Pascasarjana Universitas PGRI Palembang yang terdiri dari tujuh orang dosen yang diketuai oleh Dr Darwin Effendi, MPd. Sementara anggota tim PkM Dr Tahrun, MPd, Dr Mulyadi, MA, Dr Yeni Puspita, MPd, Dr Sri Wahyu Indrawati, MPd, Dr Emmawati, MPd, dan Dr Achmad Wahidy, MPd serta dibantu oleh dua mahasiswa Elfajri Karisman dan Fitri Firmansyah.

Sebelum pelaksanaan PkM didahului dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dengan Kepala SMA Negeri 1 Pemulutan Barat, Drs Eddy Bahtiar. Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dalam sambutannya menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Sementara itu, Ketua Tim PkM Dr Darwin Effendi, MPd menjelaskan kegiatan PkM ini dilakukan secara rutin satu semester sekali bertujuan untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tujuan lain untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan wawasan pengetahuan guru tentang pelaksanaan dan pembuatan laporan hasil PTK. “Kita berharap setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat mendeskripsikan bagian-bagian PTK, menjelaskan karakteristik PTK, mengidentifikasi dan merumuskan masalah, mengkaji teori, menganalisis data PTK, merencanakan tindakan, menyimpulkan, dan membuat saran serta membuat laporan akhir PTK dan membawa manfaat bagi guru,” katanya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Kegiatan pelatihan ini semoga dapat membantu seluruh guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Pemulutan Barat dalam  menambah wawasan dan dapat memotivasi untuk melakukan penulisan karya ilmiah melalui PTK,” harapnya. (media sriwijaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *