Pemanfaatan Biopori sebagai Alternatif Mengatasi Genangan Air dan sebagai Penghasilan Pupuk Kompos

LPPKMK UPGRIP

Salah satu tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki dosen sesuai bidang keahliannya, berperan aktif dalam kegiatan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu maka Dosen Program Studi Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang  mengadakan sosialisasi tentang Penyuluhan Pemanfaatan Biopori Sebagai Alternatif Mengatasi Genangan Air dan Sebagai Penghasil Pupuk Kompos di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir.

Dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang melaksanakan PkM diketuai oleh Amiwarti, S.T, M.T yang beranggotakan 6 dosen yaitu Adiguna , S.T,.M.Si, Herri Purwanto, S.T, M.T, Dr. M. Firdaus, S.T, M.T, Reffanda Kurniawan, S.T, M.M, Agus Setiobudi, S.T, M.Si dan Syahril Alzahri, S.T, M.T serta di bantu oleh 3 mahasiswa yaitu Guntur Gunawan, Muhammad Muhafizin dan Annisa Rahmadhani.

Menurut ketua pelaksana PkM Amiwarti, S.T, M.T Kegiatan PKM ini dilakukan oleh Dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir, memotivasi siswa dan pegawai di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir untuk peduli pada lingkungan dan mengerti tentang teknologi resapan biopori yang mempunyai fungsi ganda yaitu meresapkan air dan tempat menghasilkan pupuk kompos organik di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. Sebelum materi disampaikan, terlebih dahulu materi Pemanfaatan Biopori Sebagai Alternatif Mengatasi Genangan Air dan Sebagai Penghasil Pupuk Kompos di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir akan diberikan kepada Pegawai, Guru dan Perwakilan Siswa Kelas III yang hadir sebagai panduan dalam penyampaian materi.

Dalam kegiatan PKM Pemanfaatan Biopori Sebagai Alternatif Mengatasi Genangan Air dan Sebagai Penghasil Pupuk Kompos di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir ini instruktur yang ditunjuk adalah dosen-dosen yang aktif mengajar di Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang yang menguasai bidangnya. Adapun Instruktur yang ditunjuk dalam kegiatan ini, yaitu: Adiguna, ST.,M. Si., DR. M. Firdaus, ST., MT., Amiwarti, ST., MT., Reffanda Kurniawan, ST., MM., Herri Purwanto,ST., MT.,  Agus Setiobudi, ST., M. Si. dan Syahril Alzahri, ST., MT. ungkap Armiwati. Sebelum pelaksanaan PkM didahului dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi diwakili oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Adiguna, S.T., M.Si. dengan kepala sekolah SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Marda’i , S.Pd., M.Si.

Dalam kesempatan ini Adiguna, S.T., M.Si. menyampaikan Kegiatan MoU ini dilaksanakan untuk melakukan kerjasama baik dalam bidang pengajaran, penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (PkM). Demikian juga halnya kepala sekolah  SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Marda’i , S.Pd., M.Si. mengatakan  mengatakan Pada dasarnya kegiatan ini sangt bagus untuk di tindak lanjuti sebagai bentuk kegiatan nanti kedepan baik dalam hal pendidikan, penelitian dan PKM, terimakasih kepada pihak Universitas PGRI Palembang memilih SMA Negeri 1 Rantau Panjang sebagai tempat PkM. (media sriwijaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *