Mengusung Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Mesuji

LPPKM UPGRIP

Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang resmi menjalin kerja sama dengan SMA Negeri 1 Mesuji Raya Kabupaten OKI. Kerja sama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi diwakili oleh Wakil Dekan III FKIP Dr Muhammad Idris, MPd dengan Kepala SMA Negeri 1 Mesuji Raya Huzairin, SPd, MSi, Sabtu (11/9). Penandatanganan MoU dan MoA ini merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh dosen Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Uniiversitas PGRI Palembang. PkM ini sendiri mensosialisasikan hasil penelitian dengan tema Mengusung Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19.

Adapun dosen yang telah melakukan penelitian diketuai oleh Aan Suriadi, SPd, MPd dengan anggota Dr Muhammad Idris, MPd, Dina Sri Nindiati, SPd, MSi, dan   Endang Surtiyoni, MPd serta dibantu tiga mahasiswa Tita Lara Mercilina, Lia Miratul Rahma, dan Taufiq Sidiki Al-Haq. Wakil Dekan III FKIP Dr Muhammad Idris, MPd dalam sambutannya mengatakan, jika penandanganan MoU dan MoA bertujuan untuk melakukan kerja sama baik dalam bidang pengajaran, penelitian, dan PKM. Muhammad Idris mengatakan dengan kerja sama ini ke depan Universitas PGRI Palembang akan melaksanakan berbagai kegiatan akademik bersama SMA Negeri 1 Mesuji Raya yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas guru dan memberikan motivasi kepada para siswa-siswi untuk tetap semangat setelah lulus dan melanjutkan ke bangku perkuliahan.

Pada kesempatan itu, Muhammad Idris menyampaikan mengenai keunggulan-keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel. Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan. Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Kepala SMA Negeri 1 Mesuji Raya Huzairin, SPd, MSi menyambut baik kerja sama ini, terlebih lagi sebagian besar guru di sekolah yang dipimpinnya alumni Universitas PGRI Palembang.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan, Aan Suriadi, SPd, MPd menjelaskan jika kegiatan PKM ini  sangat penting karena dapat memberikan kontribusi pengetahuan tentang materi sejarah kelokalan dan materi sejarah lainnya. “Secara praktis kegiatan PKM ini bermanfaat bagi guru yaitu berupa penerapan materi pengayaan sejarah yang diajarkan kepada siswanya di kelas. Sedangkan  bagi siswa-siwi materi sejarah dapat dijadikan sebagai materi tambahan pelajaran di sekolah. Lebih penting dari itu, melalui PkM ini para siswa-siswi dapat mengetahui mengenai Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang, sehingga nanti dapat melanjutkan perkuliahan di Universitas PGRI Palembang,” ujarnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *