Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Mesuji

LPPKM UPGRIP

Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang melaksanakan Tri Darma perguruan tinggi dalam bentuk menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMK Negeri 1 Mesuji Raya Kabupaten OKI, Sabtu (11/9). Kegiatan PkM ini dalam bentuk mensosialisasikan hasil penelitian dalam pembelajaran sejarah di masa pandemi Covid-19. Adapun dosen Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang yang telah melakukan penelitian yakni Kabib Sholeh, SPd, Mhum sebagai ketua dengan anggota Drs Sukardi, MPd, Eva Dina Chairunisa, SPd, MPd, Ahmad Zamhari, SPd, MM, dan Wandiyo, SIP, MPd serta dibantu dua mahasiswa Andika Meriyanto S dan I Made Lingga Wardana.

Sebelum pelaksanaan PkM didahului dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dengan Kepala SMK Negeri 1 Mesuji Raya H Mustaridi, SPd, MSi. Pada kesempatan itu ditandatangani juga Memorandum of Agreement (MoA) antara Prodi Pendidikan Sejarah Wakil Dekan III Dr Muhammad Idris, MPd dengan Kepala SMK Negeri 1 Mesuji Raya H Mustaridi, SPd, MSi. Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang Drs Sukardi, MPd mengatakan penandatanganan MoU dan MoA ini bertujuan untuk melakukan kerja sama baik dalam bidang pengajaran, penelitian, dan PKM.

Sukardi mengatakan, Universitas PGRI Palembang saat ini sudah memiliki prodi baru yaitu Pendidikan Vokasi Otomotif, sehingga dianggap relevan dengan lulusan siswa SMK untuk masuk ke Universitas PGRI Palembang.“Apalagi guru-guru SMK untuk saat ini sangat kekurangam di Sumsel sehingga perlu sarjana-sarjana  baru yang relevan untuk mengajar di SMK dan Universitas PGRI Palembang adalah salah satunya yang ke depan akan menghasilkan lulusan guru SMK yang berkualitas,” ujar Sukardi.

Senada dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Mesuji Raya H Mustaridi, SPd, MSi yang sangat mendukung  pelaksanaan MoU dan MoA ini.“Dengan dikunjungi SMK Negeri 1 Mesuji Raya oleh para dosen dari Universitas PGRI Palembang kami sangat bersemangat terutama para siswa-sisiwi. Tentunya untuk mendapatkan motivasi dalam belajar, apalagi di Universitas PGRI Palembang sudah ada Prodi Pendidikan Vokasi Otomotif, sehingga otomatis semakin mantap untuk belajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kabib Sholeh, SPd, MHum mengatakan, kegiatan PKM ini bermanfaat bagi semua pihak, karena hasil penelitian yang disosialisasikan adalah bukan satu bidang saja.Akan tetapi lebih dari satu bidang, seperti ada bidang sejarah dan kebudayaan, pendidikan sejarah, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan bidang pendidikan lainnya.

Kabib Sholeh mengatakan, selain sosialisasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa, kegiatan PKM ini juga sebagai promosi Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang di SMK Negeri 1 Mesuji Raya.“Kegiatan pomosi ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan Prodi Pendidikan Sejarah serta berbagai kegiatan akademik dan nonakademik baik dosen dan mahasiswanya. Dengan harapan promosi tesebut akan dapat menjaring siswa-siswi untuk begabung dengan FKIP Universitas PGRI Palembang,” jelasnya. (media sriwijaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *