Administrasi Penyimpanan Data Secara Online PkM Dosen Fisika di SMA Negeri 1 Sungai Are OKU Selatan

Sungai Are, LPPKM UPGRIP

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPKM) sebagai Lembaga yang menaungi kegiatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dibawah Universitas PGRI Palembang yang mana fungsi salah satunya adalah menjebatani kegiatan Pengabdian kepada masyarakat Tenaga Pendidik terutama Dosen pada Lingkungan UPGRIP. Dimana kali ini Tim kM diketuai oleh Rahmawati, M.Pd dengan lima anggotanya yang terdiri dari dosen dosen program Studi Fisika yakni Dr. Dui Rahman, M.Si, Parmin Lumban Toruan, S.Si.,M.T, Atina, M.Si, Joni Iswan, S.Sos., M.Si dan Dr. Rita Sulistiyowati, M.Si serta di bantu oleh dua orang mahasiswa Jiani Fahira dan Titis Lugina Hisaba.

Ketua PkM Rahmawati, M.Pd. mengatakan berdasarkan hasil observasi dan kuisioner tentang pengarsipan berkas di SMAN 1 Sungai Are, OKUS. Mereka masih mengarsip secara manual sehingga sering terjadi kehilangan data dan pencarian data yang lama agar dapat memberikan pemahaman dan keterampilan bagi guru dan tenaga pendidik, dengan membuat dan menyusun data dan file dokumen penting, mudah disusun dengan rapi dan mudah mencari data yang diperlukan menggunakan pengarsipan online salah satunya dropbox. “Maka tim PkM Program Fisika Sainstek UPGRIP berinisiasi mengadakan PkM yang berupa penyuluhan dan workshop. SMAN Sungai Are OKU Timur ini merupakan mitra kami dalam PkM hibah tahun 2022 ini kami juga masih bermitra sampai saat ini,” jelasnya.

Menurutnya, banyak manfaat melalui kegiatan ini yakni membantu guru dalam mengajar pada masa pandemi sehingga tujuan dan proses pembelajaran bisa terus terlaksana dengan baik.Sementara itu, dihadapan para peserta yang terdiri dari guru siswa Ka. Subag Kemahasiswaan Joni Iswan, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya MoU, MoA pada hari ini sudah menjadi bagian dari Universitas PGRI Palembang.

Di tempat yang sama Kepala Sekolah SMA N Sungai Are OKU Selatan Shanty Fitriany, S.Pd., M.M mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan PkM.“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Kegiatan penyuluhan ini semoga dapat membantu seluruh guru dan siswa diharapkan guru tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam membuat Dropbox dari google drive dan memanfaatkannya dalam pembelajaran,” (Sumber: sumselmedia dan lppkm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *