Pembuatan Terarium sebagai Bioentrepreneur di SMAN 1 Sindang Danau Kabupaten OKUS PkM Dosen Biologi Fak. Saintek Univ.PGRI Palembang

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPKM) sebagai Lembaga yang menaungi kegiatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dibawah Universitas PGRI Palembang yang mana fungsi salah satunya adalah menjebatani kegiatan Pengabdian kepada masyarakat Tenaga Pendidik terutama Dosen pada Lingkungan UPGRIP. Dimana kali ini  Sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Sainstek Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengajak Siswa SMAN 1 Sindang Danau Kabupaten OKUS Dalam Pembuatan Terarium sebagai Bioentrepreneur, Kamis (20/10/2022). Bertempat di Aula SMAN 1 Sindang Danau, Kabupaten OKUS kegiatan PkM ini diketuai oleh Dewi Rosanti, M.Si, dengan anggota terdiri dari 7 dosen Program Studi Biologi Sainstek UPGRIP yakni Dewi Novianti, S.Si.,M.Kes, Dian Mutiara, M.Si., Trimin Kartika, S.Pd.,M.Si, Drs. Syamsul Rizal, M.Si, Dra. Rosinta Parapat, M.Si, Dra. Marmaini, M.P, dan Dwi Warsari, S.H.,M.H., serta dibantu oleh mahasiswa Anisa Safitri.

Dihadapan 78 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMAN 1 Sindang Danau Kabupaten OKUS, guru, dan tenaga pendidik para dosen memaparkan materi nya yakni Dewi Rosanti, M.Si bertajuk Pengenalan umum terarium dan potensinya sebagai sumber kewirausahaan., Dewi Novianti, S.Si.,M.Kes bertajuk mikroorganisme yang berpotensi merusak pertumbuhan tanaman terarium, Dian Mutiara, M.Si bertajuk jenis-jenis tumbuhan yang berpotensi untuk dikembangkan dalam terarium, Sementara tinjauan umum botani ekonomi dalam pengembangan terarium disampaikan oleh Trimin Kartika, S.Pd.,M.Si tinjauan umum botani ekonomi dalam pengembangan terarium., media tanam yang tepat untuk terarium disampaikan oleh Drs. Syamsul Rizal, M.Si, Peluang terrarium sebagai produk kewirausahaan. Disampaikan oleh Dra. Rosinta Parapat, M.Si, terarium sebagai media pembelajaran bagi siswa.

Pelaksanaan PkM dilakukan dengan metode penyuluhan/pengajaran teori dengan cara tatap muka langsung dan simulasi, dengan menerapkan protokol kesehatan disampaikan oleh Dra. Marmaini, M.P dan potensi terarium dalam pembuatan HKI dan Paten disampaikan oleh Dwi Warsari, S.H., M.H. Ketua PkM Dewi Rosanti, M.Si mengatakan PkM Ini salah satu implementasi program wajib harus dilakukan dosen sebagai syarat melengkapi Tri Dharma perguruan tinggi/ tugas dosen yang dibiayai pihak kampus. Permasalahan yang sering ditemui saat ini, sangat jarang siswa SMA membuat usaha entrepreneur berbasis pelajaran IPA. Berangkat dari situlah Tim PkM mengadakan PkM mengajak para peserta Bagaimanakah mengimplementasikan pelajaran IPA menjadi sarana entrepreneur siswa, khususnya siswa SMA Negeri Sindang Danau Kabupaten OKUS. (Sumber: sumsel media dan LPPKM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *