Sistem Pengelolaan Sampah dengan Prinsip 3R ( _Reduce_, _Reuse_ , _Recycle_ ) di SMAN 1 Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan Pengabdian Dosen Sains Lingkunga UPGRIP

Pulau Beringin, LPPKM UPGRIP

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPKM) sebagai Lembaga yang menaungi kegiatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dibawah Universitas PGRI Palembang yang mana fungsi salah satunya adalah menjebatani kegiatan Pengabdian kepada masyarakat Tenaga Pendidik terutama Dosen pada Lingkungan UPGRIP. Dimana kali ini Tim Dosen Program Studi Sains Lingkungan FST Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Sosialisasi, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Memorandum of Understanding (MoU), Memorandum of Agreement (MoA), dan Perjanjian Kerjasama di SMAN 1 Pulau Beringin, Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS).

Pelaksanaan PkM yang dilakukan yakni menyoroti soal masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang penggolongan sampah berdasarkan sifat, bentuk dan sumbernya. Kemudian kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang dampak yang ditimbulkan jika sampah tidak dikelola menurut fungsi dan kebutuhannya.PkM tersebut diketuai oleh Ita Emilia, M.Si. yang beranggotakan Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQnR., Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si., Dr. Wahyu Saputra, S.Pd., M.Si., Jumingin, M.Si., Helfa Septinar, S.Pd., M.Si., Yunita Panca Putri, M.Si dibantu oleh mahasiswa yakni Parasmita Anggraini.

Ketua PkM Ita Emilia, M.Si mengatakan kegiatan ini sangatlah penting lantaran masih rendahnya ilmu pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang cara yang tepat dan benar dalam mengelola sampah yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari seperti sampah yang berasal dari lingkungan sekolah.“Guna mendorong perubahan sikap dan pola pikir menuju terwujudnya masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri dari Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Program Studi Sains Lingkungan Universitas PGRI Palembang merasa perlu untuk melakukan kegiatan sosialisasi kepada peserta didik/siswa dan guru dengan tema“ Sistem Pengelolaan Sampah dengan Prinsip 3R ( _Reduce_, _Reuse_ , _Recycle_ ) di SMAN 1 Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan,” ujarnya.

Lanjutnya, peserta didik memiliki pengetahuan dalam memahami cara-cara pengelolaan sampah yang baik dan tepat sehingga timbul kesadaran untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan terutama lingkungan di SMAN 1 Pulau Beringin, OKUS.Ia menambahkan, bahwa PkM ini merupakan komitmen para dosen Universitas PGRI Palembang dalam melaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah komitmen dalam program PkM. Sementara itu Kepala SMA Negeri 1 Pulau Beringin Listinah, S.Pd., M.M diwakili oleh Wakil Sarana Prasarana Jumhasan, A.Md. mengucapkan terima kasih atas pilihan Universitas PGRI Palembang menjadikan sekolahnya sebagai salah satu mitra dalam kerjasama pendidikan yang dituangkan langsung melalui MoU, MoA dan juga IA. Selain itu, ucapan terima kasih juga atas Penyuluhan dan Pelatihan Sistem Pengelolaan Sampah dengan Prinsip 3R yang diberikan oleh Universitas PGRI Palembang melalui PkM.

“Semoga ilmu yang disampaikan dapat kami aplikasikan dalam meningkatkan kualitas SDM serta semakin timbul kesadaran untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan terutama lingkungan di SMAN 1 Pulau Beringin,” pungkasnya. (Sumber: Sumsel Media dan LPPKM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *