Pengenalan Alat Pengeringan Kerupuk/Kemplang Rumah kaca Bagi Pengusaha Kecil di Jejawi, PkM Teknik Kimia UPGRIP

Jejawi, LPPKM UPGRIP

Kegiatan dengan tema Pengenalan Alat Pengeringan Kerupuk/Kemplang Rumah kaca Bagi Pengusaha Kecil di Jejawai, OKI ini adalah dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI sebagai salah satu sentra produksi kerupuk/kemplang mempunyai desa yang sebagian masyarakatnya merupakan pengusaha kecil pembuatan kerupuk/kemplang. Dalam memproduksi terdapat bermacam kendala atau masalah yang harus dihadapi.

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Muhrinsyah Fatimura, S.T., M.T dengan anggota Dr. Ir. Muhammad Bakrie, M.T., Aan Sefentry, S.T., M.T., Rully Masriatini, S.T., M.T., Ir. Agus Wahyudi, M.M., Reno Fitrianti, S.T., M.Si., Nurlela, S.T., M.T., Husnah, S.T., M.T., Dr. Ian Kurniawan, S.T., M.Eng., IPM., Dr. Nabila, S.T.Turut hadir Dekan Fakultas Teknik Amiwarti, S.T., M.T., Kepala LPPKM UPGRIP Dr. Rohana, M.Pd.,CIQnR dan staff, Camat Jejawi Jemmy, S.Pd., M.Si dan jajaran serta perwakilan Unit kegiatan Masyarakat (UKM) desa Jejawi, desa Gugusan dan,desa Air Itam Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI.

Dalam sambutannya Camat Jejawi Jemmy, S.Pd., M.Si mengatakan selamat datang kepada Universitas PGRI Palembang (UPGRIP), dengan adanya kegiatan PkM oleh Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik UPGRIP dapat menumbuh kembangkan sumber daya alam yang ada di kecamatan Jejawi, diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut.

Dengan produk unggulan salah satunya kerupuk/kemplang, inilah kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan tambahan ilmu dari penjelasan pakar-pakar yang ada dari Universitas PGRI Palembang. Dan semoga perekonomian masyarakat Jejawi akan lebih makmur dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru”, ucap Jemmy, S.Pd.
M.Si.Senada dengan itu dikatakan oleh Amiwarti, S.T., M.T, bahwa Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik UPGRIP akan memberikan sedikit ilmu kepada masyarakat. Semoga apa yang diberikan dapat memberikan manfaat dan dapat menambah motivasi serta solusi dalam produksi kerupuk/kemplang yang efisien, berkualitas dan higienis.Adapun permasalahan yang sering timbul guna memenuhi permintaan akan kerupuk/kemplang antara lain, karena kapasitas produksi yang kurang memadai. Selain masalah kapasitas produksi yang rendah, pembuatan kerupuk pada usaha mikro ini masih dilakukan secara konvensional yang menimbulkan persoalan pada hasil produksi kerupuk/kemplang yang kurang higienis.

Usai mendengarkan pemaparan yang disampaikan tentang bentuk dan cara pemakaian serta manfaat rumah kaca sebagai alat pengeringan kerupuk/kemplang, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pada kesempatan ini pula dosen Prodi Teknik Kimia melakukan pendemonstrasian tata cara penggunaan alat pengering tersebut.“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini memberikan solusi dan membantu masyarakat dalam menangani permasalahan dalam pengeringan kerupuk/kemplang,” harapnya.

Kemudian acara diakhiri dengan foto bersama dengan masyarakat dan perangkat desa serta penyerahan cindera mata. Selain diisi dengan kegiatan PPM, dalam kegiatan ini telah terjalin kesepakatan dan penandatanganan Memorandum Of Agreement (MoA) antara pihak Program Studi Kimia Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang dan Camat Jejawi Kabupaten OKI. Berkas Nota kesepakatan ini ditandatangani oleh Muhrinsyah Fatimura, S.T., M.T selaku Ketua Program Studi Teknik Kimia dan Jemmy, S.Pd., M.Si selaku Camat Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan kedepannya kedua belah pihak dapat meningkatkan kerjasama dalam pelaksanaan penyelengaraan pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia baik itu untuk masyarakat ataupun lembaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *