Penulisan Artikel Ilmiah Guru di SMPN 1 Sembawa Bersama Dosen PPs Universitas PGRI Palembang.

Banyuasin, LPPKM UPGRIP

Tim dosen Program Pascasarjana (PPs) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) memberikan motivasi kepada para guru di SMPN Sembawa tentang penulisan artikel ilmiah. Motivasi kepada para guru di SMPN Sembawa ini juga merupakan wujud Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam melaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tim PkM ini terdiri dari dosen-dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas PGRI Palembang yang diketuai oleh Dr. Masagus Firdaus, M.Pd yang beranggotakan Dr. Tahrun, M.Pd., Dr. Sri Wahyu Indrawati, M.Pd.
Dr. Yenny Puspita, M.Pd., Artanti Puspita Sari, Ph.D., Dr. Darwin Effendi, M.Pd., dan Dr. Emmawati, M.Pd.

Ketua Tim PkM Dr. Masagus Firdaus, M.Pd. mengatakan PkM ini juga dibarengi dengan sosialisasi Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) di lingkungan SMP Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin-Sumatera Selatan. “Tujuan PkM ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas guru dalam menyebarkan ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada masyarakat yang lebih luas melalui tulisan ilmiah atau artikel ilmiah,” ujarnya.

Lanjutnya, melalui PkM ini para guru diharapkan dapat memahami dan mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapatkan tentang penulisan artikel ilmiah. Dengan berhasilnya guru merealisasikan pemahaman tersebut maka setelah selesai dilakukannya sosialisasi tersebut, para peserta dapat melakukan kegiatan penulisan artikel ilmiah yang tentunya akan dapat menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Adapun penyampaian materi tersebut adalah Dr. Masagus Firdaus, M.Pd dengan materi Pengenalan Jurnal Ilmiah (Internasional): Scimagojr, Dr. Sri Wahyu Indrawati, M.Pd. dan Dr. Emmawati, M.Pd mengangkat tema tentang Artikel Ilmiah dan Pentingnya Artikel Ilmiah dalam Pendidikan, Dr. Tahrun, M.Pd dengan materi 1) Pencarian Teori rujukan (Kajian teori). Selanjutnya, Artanti Puspita Sari, Ph.D dengan materi Teknik Pembuatan Kutipan dalam Artikel (Intext Citation, Dr. Yenny Puspita, M.Pd. mengangkat materi tentang Teknik penulisan daftar pustaka (References), dan Dr. Darwin Effendi, M.Pd. dengan materi Pengenalan Jurnal Ilmiah (Nasional) Terakreditasi Sinta.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Sembawa Hoirul, S.Pd., M.Si. menyampaikan apresaisi setinggi tingginya kepada tim PkM Pascasarjana UPGRIP yang telah memberikan motivasi dan pelatihan di sekolahnya. “Semoga dengan pelatihan penulisan artikel ini dapat bermanfaat bagi peserta khususnya guru – guru di SMP Negeri 1 Sembawa , dapat membuat artikel ilmiah dengan baik dan terarah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *