Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya dalam Pembelajaran bagi guru SMAN 1 Talang Ubi

Talang Ubi. LPPKM UPGRIP

Sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, para dosen FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) memberikan sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi para guru di SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya dalam Pembelajaran bagi guru untuk dapat mengembangkan kompetensi bagi peserta didik.

PkM ini diketuai oleh Dr. Nila Kesumawati, M.Si, yang beranggotakan Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd, Dra. Jumroh, M.Pd, Ety Septiati, S.Si., M.T, Dr. Eka Fitri Puspa Sari, M.Pd. dan Putri Fitriasari, M.Pd serta dibantu oleh 2 mahasiswa Pendidikan Matematika yakni Linda Lestari, Fadhilah dan alumni Program Studi Pendidikan Matematika Endro, S.Pd. Selain kegiatan PkM dan sosialisasi dilakukan juga Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang dan SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI. Naskah MoA ditandatangani oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UPGRIP Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd dengan kepala sekolah SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI Jainul Abidin, S.Pd., M.Pd.

Ketua PkM Dr. Nila Kesumawati, M.Si mengatakan peluang untuk pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan PkM ini antara lain membekali guru tentang Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), dan mensosialisasikan AKM dan implikasinya dalam pembelajaran bagi guru untuk dapat mengembangkan kompetensi peserta didik. “Dan bermanfaat dari literasi membaca dan numerasi untuk bisa belajar sepanjang hayat dan berkontribusi pada masyarakat. Hal tersebut secara umum dapat digunakan sebagai upaya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara utuh,” ujarnya. dapat dimanfaatkan untuk perbaikan proses pembelajaran mata pelajaran, Pelaporan tingkat kompetensi dapat dimanfaatkan guru untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas.

Tak hanya itu, guru diharapkan menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi peserta didik. diikuti oleh semua guru bidang studi SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI.

Narasumber dalam kegiatan PkM tersebuat adalah dosen dosen yang tergabung dalam PkM SMAN I Talang Ubi Kabupaten PALI PkM Dr. Nila Kesumawati, M.Si membawakan materi tentang Karakteristik Soal Asesmen Kompetensi Minimum, Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si dengan materi berjudul Karakteristik Pembelajaran Berorientasi AKM , Dra. Jumroh, M.Pd. materi berjudul Meningkatkan Literasi Membaca. Sedangakan Ety Septiati, MT materi berjudul Meningkatkan Literasi Numerasi, Dr. Eka Fitri Puspa Sari, M.Pd. berjudul Mengembangkan Kreativitas dan Putri Fitriasari, M.Pd dengan materi berjudul Berpikir Kritis dan Membuat Keputusan.

Pada kesempatan yang sama Kepala SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI Jainul Abidin, S.Pd., M.Pd. mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim PkM.

“Semoga para guru SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten PALI dapat menerapkan apa yang telah diperoleh di kelas yang diampunya dan menyambut antusias yang tinggi dalam mengikuti kegiatan PkM ini. hal ini terlihat dari jawaban peserta yang menyatakan 100% akan mengikuti kegiatan seperti ini jika ada lagi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *