PGSD FKIP UPGRIP Ajarkan Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan Aplikasi Canva di SDN 235 Palembang Provinsi Sumatera Selatan

Pelaksanaan  Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang dilaksanakan oleh Program Studi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Canva Bagi Guru SDN 235 Palembang. Provinsi Sumatera Selatan.

PkM ini ketuai oleh Kiki Aryaningrum, M.Pd, dengan anggota Aldora Pratama, M.Pd, Arief Kuswidyanarko, M.Pd, Putri Dewi Nurhasana, M.Pd, Ali Fakhrudin, M.Pd, Rury Rizhardi, M.Pd, Sonia Anisah Utami, M.Sn serta dibantu oleh dua mahassiwa yakni Muhammad Rasyid Ridho dan Widya Wuri Utami.

Menurut Ketua PkM Kiki Aryaningrum, M.Pd, menjelaskan  melalui PkM ini Guru Sekolah Dasar Khususnya di SD N 235 Palembang, Proses pembelajaran inovatif dapat memanfaatkan ke media pembelajaran diantaranya memiliki kemampuan dengan menggunakan aplikasi Canva.

Selanjutnya, Media pembelajaran yang digunakan Guru haruslah relevan dengan kebutuhan siswa dalam belajar. Jika guru menggunakan media yang belum tepat maka pembelajaran tidak dapat mencapai hasil yang maksimal.

Dengan demikian diperlukan adanya media pembelajaran yang menarik dan mencapai tujuan pembelajaran dengan harapan mampu mendukung pencapaian hasil belajar siswa yang maksimal.

Hal ini senada disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPGRIP Aldora Pratama, M.Pd, bahwa Canva merupakan media yang menyediakan template untuk membuat desain simple.

“Dalam pembuatan media pembelajaran Canva, pada aplikasi ini Guru dapat membuat Media pembelajaran, bahan ajar serta  dapat membuat semua grafik, blog, presentasi, facebook cover, flyer, undangan dan sebagainya. Dan perlu diperhatikan bahwa program yang terlalu mudah akan membosankan bagi siswa dan sedikit sekali manfaatnya bagi guru karena guru tidak memperoleh tambahan kemampuan yang seharusnya,” ujarnya.

Dalam hal ini Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, S.Pd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” mendukung kegiatan Tim PkM dilaksanakan oleh PGSD  FKIP UPGRI Palembang, dengan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Canva Bagi Guru SDN 235 Palembang, Agar semua guru-guru  pada level  SD seluruh Palembang menerapkan secara bertahap dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *