Pengenalan Penggunaan Panel Surya bagi Warga Jejawi OKI PkM Teknik Elektro UPGRIP

Jejawi,LPPKM UPGRIP

Jejawi merupakan salah satu Desa di Kecamatan Jejawi yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Mayoritas penduduk Jejawi berprofesi sebagai petani. Jejawi berpotensi sangat baik dalam proses pertanian, terutama dalam penanamam padi. Namun terkadang mengalami kendala, salah satunya adalah suplai air, karena belum adanya sistem irigasi.

Berangkat dari itulah tim Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Jejawi, OKI dengan mengadakan Sosialisasi tentang Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang akan digunakan sebagai sumber listrik bagi pompa air yang akan mengambil air dari aliran sungai di jejawi yang melimpah untuk mengairi area persawahan di desa Jejawi

PkM UPGRIP ini diketuai oleh Emidiana, ST., MT dengan Ir. M. Saleh Al Amin, MT, Abdul Azis, ST, MT, Nita Nurdiana, ST, MT, Irine Kartika F, ST, MT, Perawati, ST, MT, Yudi Irwansi, ST, MT dibantu oleh staf fakultas dan prodi yaitu Ibrahim Ardana Kusuma dan Yuni Rosiati serta mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Rifqy Wijaya, Sigit Maretino dan Benny Napali.

Ketua PkM Emidiana, ST., MT mengatakan adapun sistem pembangkit tersebut terdiri dari panel surya, regulator, batere, inverter yang akan mensuplai beban berupa pompa air. “Dengan adanya pembangkit listrik tenaga surya untuk mensuplai pompa air tersebut, diharapkan dapat mengatasi kesulitan sumber air untuk mengairi sawah saat kemarau di Desa Jejawi,” ujarnya.

Lanjut Emi, dengan PkM ini diharapkan dapat memberi solusi bagi Masyarakat Desa Jejawi, yang masih mengairi persawahannya dengan sistem tadah hujan, agar dapat memanfaatkan air sungai untuk mengairi persawahan dengan menggunakan pompa air yang mendapat sumber listrik dari panel surya.

Selain diisi dengan kegiatan PkM, dalam kegiatan ini telah terjalin Kesepakatan dan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Ketua Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Emidiana, ST., MT dengan Kepala Desa Jejawi. Berkas Nota Kesepakatan ini di tandatangani oleh Ketua Program Studi Teknik Elektro dan Kepala Desa Jejawi Zulkarnain, S.E

Di hadapan warga desa Jejawi, Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir tim PkM juga memaparkan materinya, adapun materinya adalah Ir. M. Saleh Al Amin, MT dalam materi Perencanaan dan Perakitan Peralatan, Emidiana, ST, MT dengan tema sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Abdul Azis, ST, MT dengan tema Panel Surya.

Selanjutnya, Nita Nurdiana, ST, MT dengan materi SCC, Irine Kartika, F, ST, MT dalam materi Inverter, sedangkan Perawati, ST, MT bertemakan Batere dan Yudi Irwansi, ST, MT bertemakan pompa air

Sementara itu, Kepala Desa Jejawi, OKI Zulkarnain, S.E mengungkapkan rasa senang nya, berterimakasih kepada tim dosen PkM Universitas PGRI Palembang.
“Semoga menambah pengetahuan warga desa Jejawi khususnya tentang sistem pembangkit tenaga listrik menggunakan panel surya Jejawi dan masyarakat desa Jejawi dapat mengairi sawahnya saat musim kemarau dengan memanfaatkan air sungai,”harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *