Tata Kelola dan Publikasi Jurnal Berbasis OJS 3 di Lingkungan Universitas PGRI Palembang

Palembang, LPPKM UPGRIP

Universitas PGRI Palembang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Univesitas PGRI Palembang kembali melaksanakan Pendampingan bagi Pengurus Jurnal yang ada di Lingkungan Universitas PGRI Palembang. Bertempat di Lantai 5 Gedung Business and Scince Center Aula Aidil Fitrisyah Universitas PGRI Palembang. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Dr. Yasir Arafat S.E.,M.M., didampingi oleh Kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR. turut hadir juga Dekan-Dekan pada Fakultas di Universitas PGRI Palembang. Adpun Peserta kegiatan ini adalah pengelola jurnal dan tim IT di lingkungan Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 59 orang, dengan rincian 56 orang pengelola jurnal dan 3 orang tim IT. Adapun Narasumber kegiatan ini adalah Afiliasi Pengurus Daerah Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia Provinsi Sumatera Selatan berjumlah 3 orang yaitu: Iredho Fani Reza, MA.Si sebagai Ketua RJI Sumsel, Dian Andesta Bujuri, M.Pd. (anggota), Catur Eri Gunawan, M.Cs.(anggota)

kegiatan pendampingan kepada pengelola jurnal di Universitas PGRI Palembang sebelum melakukan migrasi ke OJS 3 yang secara sistem OJS 3 lebih praktis dan lebih responsif. Untuk mendukung migrasi aplikasi OJS ini, pengelola jurnal yang ada di lingkungan Universitas PGRI Palembang wajib dapat memahami dan menjalankan aplikasi OJS 3 yang akan digunakan, sehingga setelah aplikasi OJS 3 di instal ke server yang baru untuk mendukung pengelolaan jurnal, pengelola sudah memiliki ilmu dan kemampuan yang baik untuk tata kelola dan publikasi jurnal menggunakan aplikasi OJS 3. Peningkatan OJS ini juga merupakan salah satu poin penilaian dalam proses akreditasi jurnal.

Dengan demikian, Kegiatan pendampingan tata kelola dan publikasi Jurnal Berbasis OJS 3 di lingkungan Universitas PGRI Palembang dengan berkolaborasi dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Provinsi Sumatera Selatan sangat diperlukan untuk menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan pengelola jurnal berbasis OJS 3 yang ada di lingkungan Universitas PGRI Palembang. Tujuan Kegiatan Pendampingan Tata Kelola dan Publikasi Jurnal Berbasis OJS 3 di lingkungan Universitas PGRI Palembang adalah untuk meningkatkan kemampuan pengelola jurnal serta meningkatkan akreditasi jurnal ilmiah di lingkungan Universitas PGRI Palembang. Adapun manfaat yang didapat Meningkatkan kompetensi  pengelola jurnal dalam mengelola jurnal berbasis OJS 3, Meningkatkan akreditasi jurnal di lingkungan Universitas PGRI Palembang, Bagi Perguruan Tinggi dapat berdampak pada penilaian Akreditasi Institusi dan Program Studi.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Pendampingan Tata Kelola dan Publikasi Jurnal Berbasis OJS 3 di lingkungan Universitas PGRI Palembang adalah untuk meningkatkan kemampuan dan  keterampilan pengelola jurnal dalam tata kelola jurnal berbasis OJS 3 setelah dilakukan migrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *