Pembekalan Mahasiswa KKN dengan tema “UPGRIP SIAP(Solidaritas, Inovasi, Aktual, Partisipasi), Bersinergi Membangun Negeri”


Keterangan foto: (dok humasupgrip)  – Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si.,CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, S.E.,M.M.,CIQaR saat sambutan

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Sumsel melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPKM) kembali menyelenggarakan KKN 2023. KKN yang akan digelar pada 16 Oktober – 27 November 2023 ini diikuti oleh 1.292 mahasiswa UPGRIP yang akan disebar di 5 kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Pembekalan KKN dengan tema “UPGRIP SIAP(Solidaritas, Inovasi, Aktual, Partisipasi), Bersinergi Membangun Negeri” ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si.,CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, S.E.,M.M.,CIQaR didampingi oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Kepala LPPKM sekaligus Ketua Pelaksana Assoc. Prof. Dr. Rohana, M.Pd.,CIQnR Aula Drs. Aidil Fitri Syah, Gedung Business and Science Center, Jumat (6/10/2023)

Turut hadir, para Dekan di lingkungan UPGRIP, Sekretaris LPPKM Ilham Arvan Junaidi, M.Pd, Kasubbag Penelitian dan Publikasi Agung Mahendra, M.Pd, Dr. Rismansyah, S.E., M.Si., Febri Suandi, S.P., M.Si., Imelda Ratih Ayu, M.Pd., pegawai/pengelola dilingkungan LPPKM, peserta, dan tamu undangan lainnya.

Kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang sekaligus Ketua Pelaksana Assoc. Prof. Dr. Rohana, M.Pd, CIQnR dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan pembekalan ini agar peserta KKN dapat memperoleh informasi secara rinci dari para pemateri sebelum penerjunan langsung di lokasi KKN.

Dikatakan Ibu Dr.Rohana., M.Pd bahwa kegiatan pembekalan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta KKN, yang di bagi dalam 4 sesi selama 2 hari kegiatan yaitu hari Jumat dan Sabtu tanggal 6 dan 7 Oktober 2023.

Peserta KKN ini terdiri dari mahasiswa Strata 1 (S1) Universitas PGRI Palembang angkatan tahun 2020, serta mahasiswa angkatan 2019 dan 2018 yang belum mengikuti KKN berjumlah 1292 orang. Berdasarkan sebaran per Fakultas, dari 1292 mahasiswa peserta /KKN terdistribusi pada : 1039 peserta dari Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP), 148 peserta dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 28 peserta dari Fakultas Sains dan Teknologi, 64 peserta dari Fakultas Teknik , dan 13 peserta dari Fakultas Perikanan dan Kelautan. “Lokasi KKN terdiri dari 5 Kota/Kabupaten yaitu Kab OKUT, Kab OKI,Kab OI, Kab Banyuasin dan Kota Palembang, yang tersebar pada 22 Kecamatan serta 66 Desa/Kelurahan. Dosen pembimbing KKN (DPL) berjumlah 81 orang dosen yang telah memenuhi persyaratan sebagai dosen pembimbing lapangan, yang berasal dari lima Fakultas dan unsur pimpinan,” ujarnya.

dan Narasumber dalam pembekalan ini adalah Etika Pelaksanaan Kegiatan KKN dengan narasumber Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si.,CIQaR dan Wakil Rektor 1 dan 2 Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, S.E.,M.M.,CIQaR., pada sesi 1 dan II., sedangkan sesi 3 dan 4 Wakil Rektor 3 Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd.,CIQaR.

Penjelasan Pedoman Pelaksanaan KKN dipaparkan oleh Kepala LPPKM Assoc. Prof. Dr. Rohana, M.Pd.,CIQnR., dan Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dipaparkan oleh Kasubbag Analis Ketahanan, Ketertiban dan Keamanan Darwis Irawan., serta Penyusunan Program KKN dinarasumberi oleh Sekretaris LPPKM Ilham Arvan Junaidi, M.Pd.

Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si.,CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Assoc. Prof. Dr. Yasir Arafat, S.E.,M.M.,CIQaR. dalam sambutannya mengatakan mengharapkan mahasiswa dapat mengikuti dengan seksama seluruh rangkaian acara pembekalan pada hari ini.”Diharapkan mahasiswa beroleh pengetahuan dan gambaran apa saja yg harus dilakukan di lapangan. Materi hari ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa agar dapat melaksanakan kegiatan KKN dengan baik,” ujarnya

Selain itu, mahasiswa yang bertugas dapat memberikan kontribusi yang cukup bersinergi dengan masyarakat setempat dan dapat melakukan identifikasi masalah-masalah di tempat KKN tersebut

Mengikuti KKN bukan hanya sekadar menyelesaikan tugas akademik, tetapi juga membentuk karakter, mengasah kepekaan sosial, dan menanamkan rasa kepedulian kepada sesama. Melalui pembekalan yang baik, kami berharap para mahasiswa UPGRIP dapat menjadi agen perubahan yang positif di tengah masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *