Pelatihan Jaritmatika bagi Guru di SD Negeri 02 dan 15 Indralaya Utara Kegiatan Pengabdian Dosen Prodi PGSD UPGRI Palembang

LPPKM UPGRIP, Palembang

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Palembang, kembali menyembatani kegiatan Dosen dilingkungan Universitas PGRI Palembang guna kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Kegiatan PKM kali ini dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas PGRI Palembang pada tanggal 20 Oktober 2020, dimana kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Indralaya Utara dan SD Negeri 15 Indaralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Sebelum Pelaksanaan PKM ini kegiatan diawali dengan Penandatanagan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dan SD Negeri 02 dan 15 Indralaya Utara Kab. Ogan Ilir. Nota kesepahaman ini ditandatangani Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd, Kepala SD Negeri 2 Inderalaya Utara, Yusmardi, SPd, Sd, dan Kepala SDN Negeri 15 Inderalaya Utara, Nurpala, SPd, Sd.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Kegiatan, Puji Ayu Racmawati, MPd menjelaskan, pelatihan jarimatika ini sangat penting, selain meningkatkan profesionalitas dan juga selalu upgrade tentang informasi, teknologi serta dapat mengetahui teknik pembelajaran terbaharukan agar guru-guru yang ada di zaman milenial tidak tertinggal oleh muridnya.Dikatakannya, materi yang disampaikan kepada para guru yakni membahas tentang fungsi arimatika penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian menggunakan jari. Mengenai dipilihnya SD Negeri 2 dan SD Negeri 15 di Kecamatan Inderalaya Utara sebagai sekolah mitra dalam pelaksana kegiatan ini, menurut Puji Ayu Racmawati, karena kedua sekolah tersebut memiliki potensi yang baik dalam peningkatan mutu pendidikan di daerah tersebut. “Pelatihan ini menyasar bagaimana cara penerapan sebuah jarimatika pada hitungan sederhana, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian,” terangnya.

Adapun pengisi materi dalam pelatihan jarimatika ini, Sylvia Laras Syaflin, MPd sebagai penyampai perkenalan dan pemahaman konsep awal tentang jari matika.esi kedua dilanjutkan materi oleh Puji Ayu Rachmawati, MPd yang menjelaskan materi penjumlahan menggunakan jari.Pada sesi ketiga materi dijelaskan oleh Marvinda Rizki Dita Dirgantara, MPd untuk materi pengurangan dengan jari. Sunedi, MPd memberikan materi perkalian dan ditutup oleh Mifta Inda Sari, MPd menjelaskan materi pengurangan.Sedangkan moderator dalam pelatihan ini, Adrianus Dedy, SFill, MPd. Sedangkan mahasiswa yang membantu dalam pelatihan ini Rizki Ramadhan dan Risma Nur Juliani. Kepala SD Negeri 2 Inderalaya Utara, Yusmardi, SPd mengatakan, kegiatan pelatihan ini sangat baik dan bermanfaat bagi peningkatan kemampuan para guru dalam mengajar di era serba kreatif seperti sekarang ini. “Mudah-mudahan kegiatan yang dipelopori dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang ini dapat terus berkesinambungan,” harapnya. dikutip dari (https://sumselupdate.com/dosen-prodi-pgsd-fkip-universitas-pgri-palembang-gelar-pelatihan-jarimatika-untuk-guru-sekolah-dasar/)