Insektarium untuk Serangga di SMA 2 Muara Dua OKUS bentuk Pengabdian Dosen Prodi Biologi Fak. Sains dan Teknologi UPGRIP

LPPKM Universitas PGRI Palembang,

Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi bertempat di SMA Negeri 2 Muara Dua OKU Selatan pada Jumat, 27 November 2020 melaksanakan salah satu bentuk Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian yang wajib dilaksanakan Dosen sebagi tenaga pendidik. PkM kali ini mengambil tema ” Insektarium sebagai pembelajaran serangga” PkM ini diketuai oleh Dian Mutiara, M.Si didampingi oleh anggota PkM  Dewi Novianti, SSi, MKes, Trimin Kartika, MSi, Dra Marmaini, MP, Drs Syamsul Rizal, MSi. Selain itu, dua mahasiwa aktif turut diajak mengikuti PkM dan sosialisasi, yakni Rahmat Adriandan  Rega Lilianti. Ketua Tim PkM, Dian Mutiara, MSi mengatakan, kegiatan ini untuk mengenalkan Prodi Biologi Universitas PGRI Palembang dan ilmu-ilmu yang dipelajari dalam Biologi. Di antara ilmu itu di antaranya penggunaan pemanfaatan serangga dalam pembuatan insectarium bisa dijadikan media pembelajaran, koleksi serangga dan bernilai entrepreneur sertaan sosialisasi sekaligus promosi khususnya pada Prodi Biologi. Pada kesempatan itu, Dian Mutiara, MSi memaparkan materi tentang Identifikasi Serangga. Kemudian, Dewi Novianti, SSi, MKes memaparkan Kemudian, Trimin Kartika, MSi memaparkan materi tentang Teknik Pembuatan Insectarium, Dra Marmaini, MP memaparkan materi mengenai Penggunaan Insektarium Sebagai Media Pembelajaran di SMA, dan Drs Syamsul Rizal, MSi memaparkan materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan serangga. Materi tentang  Peranan Serangga dalam Kehidupan Manusia.

Disela-sela kegiatan PkM tidak lupa akan Penerapan Protokol Kesehatan, Para peserta dalam kegiatan PkM yang menerapkan protokol kesehatan ini adalah siswa kelas 12 dan guru SMAN 2 Muara Dua, Kabupaten OKU Selatan. Selain kegiatan PkM dilakukan sosialisasi Prodi Biologi dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dan SMA Negeri 2 Muara Dua. Nota kesepahaman ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Drs Sukardi, MPd dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Heni Tresnawati, SPd, MM. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Dr Andi Arif Setiawan, MSi dan perjanjian kerjasama Prodi Biologi oleh Kaprodi Biologi, Dewi Novianti, SSi, MKes.