Membangun Nasionalisme Peserta Didik SMAN 1 Lempuing Jaya Melalui Empat Pilar Kebangsaan

Lempuing Jaya, LPPKM UPGRIP

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPKM) sebagai Lembaga yang menaungi kegiatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dibawah Universitas PGRI Palembang yang mana fungsi salah satunya adalah menjebatani kegiatan Pengabdian kepada masyarakat Tenaga Pendidik terutama Dosen pada Lingkungan UPGRIP. Dimana kali ini  Sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,Guna melaksanakan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri dari dosen FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar kegiatan sosialisasi kepada siswa dengan tema “Membangun Nasionalisme Peserta Didik SMAN 1 Lempuing Jaya Melalui Empat Pilar Kebangsaan” di SMAN 1 Lempuing Jaya, Jumat (23/9/2022).

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Ermini, S.H., M.M yang beranggotakan 5 orang Dosen FKIP UPGRIP yaitu Ramanata Disurya, S.H.,M.H, Layang Sardana, S.H.,M.H, Suryati, S.H.,M.H., Sri Husnulwati, S.H.,M.H.dan. Sri Wahyuningsih, M.H., serta dibantu oleh 2 mahasiswa Septi Aryani dari Program Studi Pendidikan Matematika dan Nur Fitri Qhoirunnisa Abdul Malik dari Program Studi PGSD.
Dihadapan seluruh peserta didik kelas 12 di SMAN 1 Lempuing Jaya, tim PkM memberikan materi Penerapan Nilai-Nilai Empat Pilar di lingkungan sekolah guna meningkatkan disiplin siswa atau peserta didik.
Materi disampaikan oleh Ermini, S.H., M.M. Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan yang Bersumber dari NKRI disampaikan oleh Ramanata Disurya, S.H., M.H., Peningkatan Pemahaman Generasi Muda terhadap Penerapan Empat Pilar Kebangsaan disampaikan oleh Suryati, S.H.,M.H., Nilai-Nilai Kebangsaan Bersumber Pancasila disampaikan oleh Layang Sardana, S.H.,M.H., Pengembangan Prilaku Warga Negara, Dalam Konsep Nilai, Moral Dan Norma Dalam Membangun Nilai Nilai Kebangsaan disampaikan oleh Sri Wahyuningsih, M.H dan Peranan Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme disampaikan oleh Sri Husnulwati, S.H.,M.H.

Kepala Sekolah SMAN 1 Lempuing Jaya M.Syukri, S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa PkM ini sangat bermanfaat karena dari kegiatan ini siswa-siswi bisa belajar pentingnya membangun Nasionalisme. “Sehingga melalui empat pilar kebangsaan dan berharap terwujud peserta didik yang berkarakter dan bertanggung jawab,” ujarnya

Senada dengan itu disampaikan, Ketua PkM Ermini S.H., M.M., mengatakan bahwa PkM ini bertujuan meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik dalam membekali peserta didik tentang pemahaman dan pengimplementasian empat pilar dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujud peserta didik yang berkarakter dan bertanggung jawab.
Dan besar harapan kami setelah dilakukannya sosialisasi tersebut, para peserta dalam hal ini peserta didik dapat memahami dan merealisasikan atau mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat tentang pentingnya penerapan empat pilar dalam kehidupan berbangsa bernegara,” ujarnya.(Sumber: sumsel media dan LPPKM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *