Manajemen Pendidikan dan Keuangan Berbasis Digital di SMAN Tanjung Agung Muaraenim PkM Dosen Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang

Tanjung Agung, LPPKM UPGRIP,

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPKM) sebagai Lembaga yang menaungi kegiatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dibawah Universitas PGRI Palembang yang mana fungsi salah satunya adalah menjebatani kegiatan Pengabdian kepada masyarakat Tenaga Pendidik terutama Dosen pada Lingkungan UPGRIP. Dimana kali ini  Sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,Guna melaksanakan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi, Berangkat dari hal tersebut, maka Dosen-Dosen Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muara Enim, Selasa (18/10/2022). Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu dari wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen-dosen di lingkungan UPGRIP karena merupakan salah satu transfer ilmu pengetahuan bagi guru-guru dan siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muara Enim. Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu dari wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen-dosen di lingkungan UPGRIP karena merupakan salah satu transfer ilmu pengetahuan bagi guru-guru dan siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muara Enim.

Sementara itu, pada PkM, Nuryanti Permatasari, S.E., M.M., membuka dengan materi Pentingnya Fungsi Manajemen Keuangan Digital dalam Mempersiapkan Keuangan Sekolah, sedangan Ibu Depi Pramika lebih menyorot tentang Literasi Ekonomi Berbasis Digital.Kegiatan ini semakin penting dan menarik disaat Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M. menyampaikan materi yang berjudul Implementasi Rasio Laporan Keuangan Berbasis Digital, karena disertai dengan kuis. Sebagai pemateri keempat, ibu Diana Widhi Rachmawati, S,Ip., M.M. Pada kesempatan ini mengangkat permasalahan Pengetahuan Manajemen Keuangan Digital dalam Pengelolaan Manajemen Keuangan Sekolah dan Koperasi. Antusias siswa terlihat saat materi Efektivitas Pemanfaatan Sumber Belajar Digital yang disampaiakan oleh Bapak Hendri Gunawan, S.Pd. M.Pd., dikarenakan banyak mengangkat berkenaan dengan aktivitas di kalangan para siswa dalam meningkatkan prestasi belajar.Selanjutnya, M. Toyib, S.Pd., M.Pd menyampaikan materi tentang Prinsip Manajemen Keuangan Berbasis Digital dan sebagai pemungkas acara pemaparan materi Manajemen Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa disampaikan oleh Erma Yulaini, S.Pd., M.Si.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dosen-dosen Universitas PGRI Palaembang dengan guru-guru dan dan kepala sekolah SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muaraenim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *